Keutamaan Islam dan Keindahannya
Oleh: al-Ustadz Yazid Abdul Qadir Jawas
Buletin Al-Hujjah Vol: 01-IX/Dzulhijjah-1428H/Jan-08
Islam adalah agama
yang memiliki banyak keutamaan yang agung dan membuahkan hal-hal yang terpuji
dan hasil-hasil yang mulia. Di antara keutamaan dan keindahan Islam adalah:
[1]. Islam
menghapus seluruh dosa dan kesalahan bagi orang kafir yang masuk Islam.
Dalilnya adalah
firman Allah ‘Azza wa Jalla.
قُلْ لِلَّذِينَ كَفَرُوا إِنْ
يَنْتَهُوا يُغْفَرْ لَهُمْ مَا قَدْ سَلَفَ وَإِنْ يَعُودُوا فَقَدْ مَضَتْ
سُنَّةُ الأوَّلِينَ
Artinya:“Katakanlah kepada orang-orang kafir itu, ‘Jika
mereka berhenti (dari kekafiran-nya), niscaya Allah akan mengampuni dosa-dosa
mereka yang telah lalu; dan jika mereka kembali lagi (memerangi Nabi), sungguh
akan berlaku (kepada mereka) sunnah (Allah terhadap) orang-orang terdahulu
(dibinasakan).” [Al-Anfaal: 38]
Sahabat ‘Amr bin al ‘ash berkata:
فلما جعل الله الإسلام في قلبي أتيت النبي صلى الله عليه و سلم فقلت ابسط
يمينك فلأبايعك فبسط يمينه قال فقبضت يدي قال مالك يا عمرو ؟ قال قلت أردت أن
أشترط قال تشترط بماذا ؟ قلت أن يغفر لي قال أما علمت أن الإسلام يهدم ما كان قبله
؟ وأن الهجرة تهدم ما كان قبلها ؟ وأن الحج يهدم ما كان قبله
Shahabat
‘Amr bin al-‘Ash radhiallaahu ‘anhu yang menceritakan kisahnya ketika
masuk Islam, beliau radhiallaahu ‘anhu berkata, “Ketika Allah
menjadikan Islam dalam hatiku, aku mendatangi Nabi shallallaahu ‘alaihi
wasallam, dan aku berkata, ‘Bentangkanlah tanganmu, aku akan berbai’at
kepadamu.’ Maka Nabi shallallaahu ‘alaihi wasallam membentangkan tangan
kanannya. Dia (‘Amr bin al-‘Ash radhiallaahu ‘anhu) berkata, ‘Maka aku tahan
tanganku (tidak menjabat tangan Nabi shallallaahu ‘alaihi wasallam).’ Maka Nabi
shallallaahu ‘alaihi wasallam bertanya, ‘Ada apa wahai ‘Amr?’ Dia berkata, ‘Aku
ingin me-minta syarat!’ Maka, Nabi shallallaahu ‘alaihi wasallam bertanya,
‘Apakah syaratmu?’ Maka aku berkata, ‘Agar aku diampuni.’ Maka Nabi
shallallaahu ‘alaihi wasallam berkata, ‘Apakah engkau belum tahu bahwa
sesungguhnya Islam itu menghapus dosa-dosa yang dilakukan sebelumnya, hijrah
itu menghapus dosa-dosa sebelumnya, dan haji itu menghapus dosa-dosa
sebelumnya?’” [Shahih Muslim, no. 121]
[2. Apabila
seseorang masuk Islam kemudian baik ke-Islamannya, maka ia tidak disiksa
atas perbuatannya pada waktu dia masih kafir, bahkan Allah ‘Azza wa Jalla
akan melipatgandakan pahala amal-amal kebaikan yang pernah dilakukannya.
Dalam
sebuah hadits dari Abu Hurairah radhiallaahu ‘anhu, Rasulullah shallallaahu
‘alaihi wasallam bersabda :
إذا أحسن أحدكم إسلامه فكل حسنة يعملها تكتب بعشر أمثالها
إلى سبعمائة ضعف وكل سيئة تكتب بمثلها حتى يلقى الله
(artinya): “Jika baik ke-Islaman seseorang di antara
kalian, maka setiap kebaikan yang dilakukannya akan ditulis sepuluh kali lipat
sampai tujuh ratus kali lipat. Adapun keburukan yang dilakukannya akan ditulis
satu kali sampai ia bertemu Allah.” [Shahih Muslim, no. 129]
[3]. Islam tetap
menghimpun amal kebaikan yang pernah dilakukan seseorang baik ketika masih
kafir maupun ketika sudah Islam.
أن حكيم بن حزام أخبره أنه قال لرسول الله صلى الله عليه و سلم أي رسول الله
أرأيت أمورا كنت أتحنث بها في الجاهلية من صدقه أو عتاقة أو صلة رحم أفيها أجر ؟ فقال رسول الله صلى الله عليه و سلم
أسلمت على ما أسلفت من خير
Dari Hakim bin Hizam radhiallaahu ‘anhu, ia berkata, “Wahai
Rasulullah, apakah engkau memandang perbuatan-perbuatan baik yang aku lakukan
sewaktu masa Jahiliyyah seperti shadaqah, membebaskan budak atau silaturahmi
tetap mendapat pahala?” Maka Nabi shallallaahu ‘alaihi wasallam bersabda,
“Engkau telah masuk Islam beserta semua kebaikanmu yang dahulu.” [Shahih
Bukhari, no. 1436, 2220, 2538, 5992 dan Shahih Muslim, no. 123]
[4]. Islam sebagai
sebab terhindarnya seseorang dari siksa Neraka.
Diriwayatkan dari Anas radhiallaahu ‘anhu, beliau
berkata:
عَنْ
أَنَسٍ رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُ قَالَ كَانَ غُلَامٌ يَهُودِيٌّ يَخْدُمُ النَّبِيَّ
صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ فَمَرِضَ فَأَتَاهُ النَّبِيُّ صَلَّى اللَّهُ
عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يَعُودُهُ
فَقَعَدَ عِنْدَ رَأْسِهِ فَقَالَ لَهُ أَسْلِمْ فَنَظَرَ إِلَى أَبِيهِ وَهُوَ
عِنْدَهُ فَقَالَ لَهُ أَطِعْ أَبَا الْقَاسِمِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ
فَأَسْلَمَ فَخَرَج النَّبِيُّ
صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ وَهُوَ يَقُولُ الْحَمْدُ لِلَّهِ الَّذِي
أَنْقَذَهُ مِنْ النَّارِ
Artinya: “Ada seorang anak Yahudi yang selalu membantu Nabi shallallaahu
‘alaihi wasallam, kemudian ia sakit. Maka, Nabi shallallaahu ‘alaihi
wasallam datang menengoknya, lalu duduk di dekat kepalanya, seraya
mengatakan, ‘Masuk Islam-lah!’ Maka anak Yahudi itu melihat ke arah ayahnya
yang berada di sampingnya, maka ayahnya berkata, ‘Taatilah Abul Qasim (Nabi shallallaahu
‘alaihi wasallam).’ Maka anak itu akhirnya masuk Islam. Kemudian Nabi shallallaahu
‘alaihi wasallam keluar seraya mengatakan, ‘Segala puji hanya milik Allah
yang telah menyelamatkannya dari siksa Neraka.’” [Shahih Bukhari, no. 1356,
5657]
Dalam
hadits lain yang berasal dari Shahabat Abu Hurairah radhiallaahu ‘anhu,
Nabi shallallaahu ‘alaihi wasallam bersabda :
لا يدخل الجنة إلا نفس مسلمة وإن الله يؤيد هذا
الدين بالرجل الفاجر
Artinya: “…Sesungguhnya tidak akan masuk Surga melainkan jiwa
muslim dan sesungguhnya Allah menolong agama ini dengan orang-orang fajir.”
[Shahih Bukhari, no. 3062 dan Shahih Muslim, no. 111]
[5]. Kemenangan, kesuksesan dan kemuliaan terdapat dalam Islam.
Dari
Shahabat ‘Abdullah bin ‘Amr bin al-‘Ash radhiallaahu ‘anhu, bahwasanya
Rasulullah shallallaahu ‘alaihi wasallam bersabda:
,
عن عبدالله بن عمرو بن العاص أن رسول الله صلى الله عليه و
سلم قال : قد أفلح من أسلم ورزق كفافا وقنعه الله بما آتاه
“Artinya:
Sungguh telah beruntung orang yang masuk Islam, dan diberi rizki yang cukup dan
Allah memberikan sifat qana’ah (merasa cukup) atas rizki yang ia terima.”
[Shahih Muslim, no. 1054]
Sahabat umar ibnu khottob berkata:
ا انا كنا أذل قوم فأعزنا الله بالإسلام فمهما نطلب العز بغير
ما أعزنا الله به أذلنا الله
Artinya: dahulu kami adalah kaum yang paling hina,maka Allah ‘Azza wa Jalla memuliakan
kami dengan Islam, maka bila kami mencari kemuliaan dengan selain cara-cara
Islam maka Allah akan menghinakan kami.” [al-Mustadrak:
I/62]
[6]. Kebaikan seluruhnya terdapat dalam Islam. Tidak ada
kebaikan baik di kalangan orang Arab maupun non Arab, melainkan dengan Islam.
Rasulullah shallallaahu ‘alaihi wasallam bersabda :
أيما أهل بيت من العرب و
العجم أراد الله بهم خيرا أدخل عليهم الإسلام ، ثم تقع الفتن كأنها الظلل
artinya: “Setiap penghuni rumah
baik dari kalangan orang Arab atau orang Ajam(non
arab) jik Allah menghendaki kepada mereka kebaikan, maka Allah
berikan hidayah kepada mereka untuk masuk ke dalam Islam, kemudian akan terjadi
fitnah-fitnah seolah-olah seperti naungan awan.” [Silsilah
al-Ahaadits ash-Shahiihah, no. 51]
[7]. Islam
membuahkan berbagai macam kebaikan dan keberkahan di dunia dan akhirat.
Dari Anas bin malik, Rasulullah
shallallaahu ‘alaihi wasallam bersabda:
عن أنس بن
مالك قال: قال رسول الله صلى الله عليه و سلم إن الله لا يظلم مؤمنا حسنة يعطى بها
في الدنيا ويجزى بها في الآخرة وأما الكافر فيطعم بحسنات ما عمل بها لله في الدنيا
حتى إذا أفضى إلى الآخرة لم يكن له حسنة يجزى بها
(artinya): “Sesungguhnya Allah ‘Azza wa Jalla tidak menzhalimi
satu kebaikan pun dari seorang mukmin, diberi dengannya di dunia dan dibalas
dengannya di akhirat. Adapun orang kafir diberi makan dengan kebaikan yang
dilakukannya karena Allah di dunia, sehingga jika tiba akhirat, kebaikannya
tersebut tidak akan dibalas.” [Shahih Muslim no. 2808 (56)]
[8]. Suatu amal shalih yang sedikit dapat menjadi amal
shalih yang banyak dengan sebab Islam yang shahih, yaitu tauhid dan ikhlas.
Beramal sedikit saja namun diberikan ganjaran dengan
pahala yang melimpah.
Dalam
sebuah hadits yang diriwayatkan dari al-Bara’ radhiallaahu ‘anhu, ia
berkata,
عن البراء ضى
الله عنه - يَقُولُ أَتَى النَّبِىَّ - صلى الله عليه وسلم - رَجُلٌ مُقَنَّعٌ
بِالْحَدِيدِ فَقَالَ يَا رَسُولَ اللَّهِ أُقَاتِلُ وَأُسْلِمُ . قَالَ «
أَسْلِمْ ثُمَّ قَاتِلْ » . فَأَسْلَمَ ثُمَّ قَاتَلَ ، فَقُتِلَ ، فَقَالَ
رَسُولُ اللَّهِ - صلى الله عليه وسلم - « عَمِلَ قَلِيلاً وَأُجِرَ كَثِيرًا
“Seorang laki-laki yang memakai pakaian besi
mendatangi Nabi shallallaahu ‘alaihi wasallam kemudian ia bertanya
‘Wahai Rasulullah, apakah aku boleh ikut perang ataukah aku masuk Islam
terlebih dahulu?’ Maka, Rasulullah shallallaahu ‘alaihi wasallam
menjawab, ‘Masuk Islamlah terlebih dahulu, baru kemudian ikut berperang.’ Maka,
laki-laki tersebut masuk Islam lalu ikut berperang dan akhirnya terbunuh (dalam
peperangan). Rasulullah shallallaahu ‘alaihi wasallam pun bersabda:
‘Laki-laki tersebut beramal sedikit namun diganjar sangat banyak.’”[Shahih
Bukhari, no. 2808 dan Shahih Muslim, no. 1900]
[9]. Islam membuahkan cahaya bagi penganutnya di dunia dan
akhirat.
Allah ‘Azza wa
Jalla berfirman:
أَفَمَنْ شَرَحَ اللَّهُ صَدْرَهُ لِلإسْلامِ فَهُوَ عَلَى نُورٍ مِنْ
رَبِّهِ فَوَيْلٌ لِلْقَاسِيَةِ قُلُوبُهُمْ مِنْ ذِكْرِ اللَّهِ أُولَئِكَ فِي
ضَلالٍ مُبِينٍ
“Maka apakah
orang-orang yang dibukakan hatinya oleh Allah untuk (menerima) agama Islam lalu
dia mendapat cahaya dari Rabb-nya (sama dengan orang yang membatu hatinya)?
Maka, celakalah mereka yang hatinya telah membatu untuk mengingat Allah. Mereka
itu dalam kesesatan yang nyata.” [Az-Zumar: 22]
[10]. Islam menjaga jiwa. Allah ‘Azza wa Jalla
mengharamkan pembunuhan dan penumpahan darah umat Islam. Islam memelihara jiwa,
oleh karena itu Islam mengharamkan pembunuhan secara tidak haq (benar), dan
hukuman bagi orang yang membunuh jiwa seseorang secara tidak benar adalah
hukuman mati.
Oleh karena itu,
jarang terjadi pembunuhan di negeri yang menerapkan syari’at Islam. Karena
apabila seseorang mengetahui bahwa bila ia membunuh seseorang akan di-bunuh
pula maka ia tidak akan melakukan pembunuhan, karena hal itu masyarakat hidup
dengan penuh rasa aman dari kejahatan pembunuhan.
Allah Subhanahu wa
Ta’ala berfirman :
وَلَكُمْ فِي الْقِصَاصِ حَيَاةٌ يَا أُولِي الألْبَابِ لَعَلَّكُمْ
تَتَّقُونَ
“Dan dalam qishash
itu ada (jaminan) kehidupan bagimu, wahai orang-orang yang berakal, agar kamu
bertaqwa.” [Al-Baqarah: 179]
Tidak ada komentar:
Posting Komentar